Macam-macam Norma dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari



I. Norma agama adalah sekumpulan kaidah yang bersumber dari wahyu Ilahi. Norma agama merupakan tingkatan norma tertinggi diantara norma-norma lainnya.
Akibat dari melanggar norma agama adalah siksaan dari Yang Kuasa setelah meninggal dunia.
Contoh Norma Agama dalam kehidupan sehari-hari menjauhi larangan-larangan agama, seperti melakukan perjudian, minuman-minuman keras, mencuri, berbuat fitnah, membunuh dan sebagainya. Melaksanakan perintah agama, seperti : membantu sesama manusia, menghormati orang lain, tidak semena-mena terhadap orang yang lemah. Melaksanakan ibadah sholat tepat pada waktunya. 

II.  Norma hukum adalah sekumpulan kaidah sebagai pedoman hidup yang bersumber dari undang-undang dan pemerintah.
Akibat dari melanggar norma hukum adalah sanksi berupa hukuman penjara dan sebagainya.
Contoh Norma Hukum dalam Kehidupan sehari-hari mematuhi aturan lalu lintas ketika berkendara. Tidak boleh melakukan hal-hal yang melanggar hukum seperti pencurian, pembunuhan dan sebagainya.

III. Norma kesopanan adalah aturan-aturan dalam masyarakat yang bersumber dari kebiasaan dan kepatuhan dalam masyarakat dalam hal ini berkaitan dengan adat di dalam masyarakat.
Akibat dari melanggar norma kesopanan adalah dicemohkan oleh masyarakat. Contoh Norma Kesopanan dalam kehidupan sehari-hari mengucapkan salam ketika bertamu ke rumah orang lain. Mencium tangan orang tua ketika ingin berangkat ke sekolah. Sopan santun saat bertamu ke rumah orang. Tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

IV. Norma kesusilaan adalah sekumpulan kaidah sebagai pedoman hidup yang bersumber dari hati nurani seseorang.
Akibat dari melanggar norma kesusilaan adalah dikucilkan oleh masyarakat. Contoh Norma Kesusilaan dalam kehidupan sehari-hari menghargai dan menghormati orang lain. Menghormati orang-orang yang lebih tua. Berlaku jujur dan adil dalam masyarakat. 

V.  Kebiasaan adalah tindakan yang umum dilakukan masyarakat.
Akibat dari melanggar kebiasaan adalah digunjingkan masyarakat.
Contoh Kebiasaan dalam Kehidupan Sehari-hari mengirimkan makanan ke tetangga sekitar. Hal itu dilakukan bila sebuah keluarga mengalami peristiwa menggembirakan, misalkan pernikahan.

VI.  Adat istiadat adalah tata kelakuan yang bersifat kekal dan turun temurun.
Adat istiadat memiliki 4 unsur yaitu nilai budaya, sistem norma, sistem hukum dan aturan khusus.
  1. Nilai budaya adalah gagasan yang dianggap bernilai dari suatu masyarakat. Contoh nilai budaya rukun dengan sesama, hormat kepada orang tua.
  2. Sistem norma adalah aturab yang mengikat kelompok di masyarakat. Contoh sistem norma pak Karno adalah orang tua dari dua orang anak. Ia bekerja sebagai guru. Ia terpilih menjadi ketua RT. Ketika pak Karno memerankan dirinya sebagai orang tua, ia berperilaku sebagai orang tua. Ketika ia memerankan sebagai ketua RT, ia memerankan sebagai ketua RT.
  3. Sistem hukum adalah aturan yang mengikat masyarakat. Contoh sistem hukum tidak membuang sampah sembarangan, aturan perundang-undangan.
  4. Aturan khusus adalah aturan yang mengikat warga kelompok masyarakat mengenai kegiatan tertentu.

Related Posts:

0 Response to "Macam-macam Norma dan Contohnya dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment