Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW


KHUTBAH TERAKHIR NABI MUHAMMAD SAW

Kombes Pol. John Hendri, SH, MH

Khutbah ini disampaikan pada tanggal 9 zulhijjah tahun 10 h. Di lembah uranah, gunung arafah.
Wahai manusia, dengarlah baik-baik apa yang hendak ku katakan, aku tidak mengetahui apa aku dapat bertemu lagi dengan kamu semua selepas tahun ini, oleh karena itu dengarlah dengan teliti kata-kata ku ini dan sampaikanlah kepada orang-orang yang tidak dapat hadir disini pada hari ini.
Wahai manusia, sepertimana kamu menganggap bulan dan kota ini sebagai suci maka anggaplah jiwa dan harta setiap orang muslim sebagai amanah suci, kembalikanlah harta yang diamanahkan kepada kamu kepada pemiliknya yang berhak, jangan kamu sakiti siapa pun agar orang tidak menyakiti mu pula, ingatlah bahwa sesungguhnya kamu akan menemui tuhan kamu dan dia pasti membuat perhitungan diatas segala amalan kamu, allah telah mengharamkan riba, oleh itu segala urusan yang melibatkan riba dibatalkan mulai sekarang.
Berwaspadalah terhadap setan demi keselamatan agama kamu, dia telah berputus asa untuk menyesatkan kamu dalam perkara-perkara besar, maka berjaga-jagalah kamu supaya tidak mengikutinya dalam perkara-perkara kecil.
Wahai manusia sebagaimana kamu mempunyai hak atas isteri kamu, mereka yang mempunyai hak diatas kamu, maka mereka juga berhak untuk diberi makan dan pakaian dalam suasana kasih sayang, perlakukanlah wanita-wanita kamu dengan baik dan berlemah lembut lah terhadap mereka, karena mereka sesungguhnya adalah teman dan pembantu kamu yang setia dan hak kamu atas mereka, ialah mereka sama sekali tidak boleh memasukkan orang yang tidak kamu sukai kedalam rumah kamu dan dilarang melakukan zina.
Wahai manusia dengarlah bersunguh-sungguh kata-kata ku ini, sembahlah allah, dirikanlah sholat 5 kali sehari, berpuasalah dibulan ramadhan  dan tunaikanlah zakat dari harta kekayaan kamu, kerjakanlah ibadah haji, sekiranya kamu mampu ketahuilah bahwa setiap muslim adalah saudara kepada muslim yang lain, kamu adalah semua sama tidak seorangpun yang lebih mulia dari yang lainnya kecuali dalam taqwa dan beramal sholeh.
Ingatlah, bahwa kamu akan menghadap allah pada suatu hari untuk mempertanggungjawabkan  diatas segala apa yang telah kamu kerjakan. Oleh karena itu awasilah agar jangan sekali-kali kamu keluar dari kendaraan kebenaran selepas ketiadaanku.
Wahai manusia, tidak ada lagi nabi atau rasul yang akan datang selepasku dan tidak akan lahir agama baru. Oleh karena itu wahai manusia pikirlah betul-betul dan pahamilah kata-kataku yang telah aku sampaikan kepada kamu. Sesungguhnya aku tinggalkan kepada kamu dua perkara yang sekiranya kamu berpegang teguh dan mengikuti kedua-duanya, niscaya kamu tidak akan tersesat selama-lamanya itulah al qur’an dan sunnahku.
hendaklah orang –orang yang mendengar nasehatku menyampaikan pula kepada orang lain, semoga yang terakhir lebih memahami kata-kataku dari mereka yang terus mendengarkan dari ku. Saksikanlah ya allah, bahwasannya telah aku sampaikan risalah mu  kepada  hamba-hamba mu. 

Related Posts:

0 Response to "Khutbah Terakhir Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment