AKHLAK TERHADAP RASULULLAH SAW

Kombes Pol. John Hendri, SH, MH
AKHLAK TERHADAP RASULULLAH SAW
1.  DILARANG BERSUARA KERAS KEPADANYA
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara yang keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari”. (QS.Al-Hujrat :2)

2. DILARANG SEMBARANGAN MEMASUKI RUMAHNYA, DAN DILARANG MENIKAHI MANTAN ISTRINYA.
“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah- rumah Nabi kecuali bila kamu diizinkan untuk makan dengan tidak menunggu-nunggu waktu masak (makanannya), tetapi jika kamu diundang maka masuklah dan bila kamu selesai makan, keluarlah kamu tanpa asyik memperpanjang percakapan. Sesungguhnya yang demikian itu akan mengganggu Nabi lalu Nabi malu kepadamu (untuk menyuruh kamu keluar), dan Allah tidak malu (menerangkan) yang benar. Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri- isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka. Dan tidak boleh kamu menyakiti (hati) Rasulullah dan tidak (pula) mengawini isteri- isterinya selama-lamanya sesudah ia wafat. Sesungguhnya perbuatan itu adalah amat besar (dosanya) di sisi Allah”. (QS. AL-Ahzab: 33).

3.  DIPERINTAH BERSHALAWAT KEPADANYA
“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”. (QS. Al-Ahzab: 56).

4. ORANG YANG MENGHINA ALLAH DAN RASULNYA AKAN MENDAPAT LAKNAT DUNIA AKHIRAT
“Sesungguhnya orang-orang yang menyakiti Allah dan Rasul-Nya. Allah akan melaknatinya di dunia dan di akhirat, dan menyediakan baginya siksa yang menghinakan”. (QS.Al-Ahzab:57).

5.  DILARANG MEMBUAT LUKISAN ATAU GAMBAR NABI MUHAMMAD
Melukis gambar nabi Muhammad SAW adalah sebuah penghinaan kepadanya, karena Rasul sendiri melarang menggambar makhluk hidup, selain itu tidak akan ada orang yang bisa menggambarkan persis wajah Rasul, syetan dan jin saja tidak bisa menyerupakan wajah Rasul dalam mimpi seseorang, padahal syetan pernah bertemu Rasul dan kita tidak.
 

Related Posts: